Contoh Model dan Desain Atap Rumah Minimalis Modern

Advertisement
Contoh Desain dan Model Atap Rumah Minimalis Modern | Jika Anda berkeinginan menghadirkan atap rumah minimalis untuk rumah Anda, artikel ini menghadirkan beberapa pilihannya. Sebelum Anda membangun rumah sebaiknya sesuaikan atap rumah dengan model rumah yang Anda miliki. Atap tidak hanya berfungsi sebagai bagian yang melindungi rumah saja, namun kehadirannya juga turut membuat rumah terlihat nyaman dan menarik. Maka dari itu, saat Anda memilih atap dibutuhkan pertimbangan yang cermat.
Contoh Model dan Desain Atap Rumah Minimalis Modern
Untuk desain rumah minimalis, tentunya Anda juga harus memilih model atap minimalis. Desain atap yang minimalis akan terlihat anggun dengan gaya modern. Bentuk atap untuk rumah minimalis tidak harus simetris, banyak variasi yang bisa Anda aplikasikan, contohnya atap yang tinggi sebelah atau yang sedikit rendah. Ada yang panjang kedepan dan kebelakangnya tidak sama. Model atap rumah ini di desain dari kuda-kuda, wuwungan dari kayu, talang, almunium foil dan juga laping tile. Dari semua unsur tersebut bisa menciptakan sebuah atap yang sempurna.

Jika kita lihat pada atap rumah zaman dulu, dalam segi warnanya lebih seragam. Berbeda dengan saat ini, atap sebuah rumah bisa dipilih dengan aneka warna. Untuk tahap finishing atap minimalis bisa dicat dengan menggunakan cat tahan air. Warnanya bisa Anda sesuaikan dengan cat dinding rumah agar terlihat lebih serasi. Dengan memilih cat yang tahan air dan cuaca, atap rumah minimalis Anda akan tetap terlihat menarik dan tidak mudah kusam.

Atap Rumah Minimalis

1. Model Atap Pelana
Atap Pelana Rumah Minimalis
Desain atap pelana terbilang sangat sederhana, pada umumnya model atap ini sering digunakan pada semua bangunan seperti rumah maupun sekolah. Atap ini memiliki bidang yang terdiri dari 2 sisi yang bertemu di garis pertemuan (bubungan). Desain atap ini juga cocok digunakan untuk bangunan bergaya tradisional maupun modern. Jenis atap ini sangat efektif untuk menyerap radiasi dan juga panas sinar matahari serta guyuran hujan karena memiliki kemiringan 35 derajat. 

2. Model Atap Perisai
Atap Perisai Rumah Minimalis
Atap ini merupakan pengembangan dari desain atap pelana dan berbentuk layaknya sebuah perisai. Atap ini berupa sebuah bidang miring di semua sisinya yang terbentuk dari 2 bidang segitiga dan 2 bidang trapesium. Sudut yang digunakan pada bagian atap perisainya sekitar 30-40 derajat. Keunggulan dari desain ini adalah hampir semua bagian dinding luar dapat terlindung dari terik matahari maupun terpaan hujan yang deras. Selain itu karena bentuk atapnya yang agak miring, tentunya arah angin akan dibelokkan ke arah atas sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan dari struktur bangunan atap.

3. Model Atap Datar
Atap Datar Rumah Minimalis
Pembuatan desain atap ini terbilang sederhana, begitu juga dengan penampakannya. Biasanya atap ini dibuat dari beton yang kuat dan langsung dicor ketika proses pembangunan rumah. Dari segi biayanya juga lebih murah karena lebih simpel. Tetapi kelemahan desain atap jenis ini adalah tidak bisa mengalirkan air ke bawah sehingga dapat berpotensi menyebabkan genangan yang bisa memicu kebocoran.

4. Model Atap Sandar
Atap Sandar Rumah Minimalis
Umumnya desain model ini digunakan pada bagian bangunan tambahan seperti emperan atau selasar. Namun, saat ini model atap ini juga telah digunakan pada rumah yang mengusung tema konsep modern.

Demikian beberapa gambar atap rumah minimalis yang bisa dijadikan inspirasi untuk membangun rumah idaman Anda. Pastinya semua model tersebut akan terlihat bagus jika dilakukan dengan tepat dan sesuai desain rumah Anda. 
Advertisement.
Contoh Model dan Desain Atap Rumah Minimalis Modern | Eka Putra | 5