Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Advertisement
Desain Rumah Tropis Minimalis Modern - Model rumah tropis sangat cocok diterapkan di wilayah yang memiliki iklim tropis, salah satunya adalah Indonesia. Desain rumah tropis memang dirancang untuk dijadikan tempat tinggal yang nyaman di tengah cuaca yang terkadang kurang bersahabat. Konsep rumah tropis sendiri memang ditujukan agar mampu beradaptasi dengan lingkungan beriklim tropis.

Daerah yang beriklim tropis sangat dipengaruhi oleh penyinaran cahaya matahari yang terus menerus berlangsung setiap harinya di sepanjang tahun. Rata-rata negara beriklim tropis memperoleh penyinaran cahaya selama dua belas jam setiap harinya. Namun karena cahaya matahari yang terus menerus menyinari tersebut akhirnya membuat kelembaban udara menjadi tinggi dan menyengat kulit.

Oleh karena itu diperlukan sebuah rumah dengan konsep yang bisa mengatasi cuaca panas tersebut. Sebagian besar konsep desain rumah tropis lebih menekankan pada pengendalian suhu udara di dalam area rumah. Pengendalian suhu tersebut dilakukan dengan cara :

1. Melebarkan luas bukaan ventilasi sirkulasi udara agar volume angin yang keluar masuk ke dalam ruangan bisa terjadi secara terus menerus. Hal ini akan membuat udara di dalam rumah tetap segar dan baru.

2. Memperbesar volume ruang atap. Volume ruang atap yang rendah akan membuat rumah menjadi pengap dan panas. Untuk memperoleh udara yang sejuk, volume atap tersebut perlu diperbesar.

3. Memperbanyak tanaman-tanaman di sekitar area rumah. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menambahkan tanaman di sekeliling rumah dan juga di dalam rumah. Pohon rindang yang Anda tanam di halaman rumah akan membawa angin sejuk saat angin berhembus.

4. Membuat kolam di halaman rumah. Kolam yang dimaksud disini tidak harus berupa kolam renang. Kolam ikan pun dapat menjadi alternatif yang baik.

5. Memperhatikan penataan ruangan. Ruangan yang bersifat terbuka dan mempunyai banyak jendela akan sangat membantu agar angin dapat masuk dan keluar ke dalam rumah disaat cuaca yang panas.

Desain rumah tropis juga bisa dikombinasikan dengan desain rumah minimalis. Pada era modern ini desain rumah minimalis tropis sudah cukup banyak diterapkan di perumahan elit di Indonesia. Banyak orang tertarik memilih desain rumah minimalis tropis karena bentuknya yang sederhana dan elegan namun tetap menyejukkan. Kebanyakan rumah dengan tipe ini menerapkan konsep rumah dengan penggunaan tritisan beton yang dekoratif.

Desain Rumah Tropis

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Desain Rumah Tropis Minimalis Modern
Rumah minimalis tropis ini lebih didominasi dengan warna-warna yang natural dan cerah. Fungsi dari pemilihan pewarnaan ini untuk mempertegas konsep desain rumah itu sendiri. Dengan menggunakan desain rumah seperti ini, gradasi warna-warna tersebut akan semakin menguatkan konsep tipe rumah tropis yang minimalis.

Demikian beberapa gambar rumah tropis yang bisa dijadikan inspirasi untuk hunian Anda. Semoga bisa bermanfaat.

Sumber Gambar: houzz.com
Advertisement.
Desain Rumah Tropis Minimalis Modern | Unknown | 5