Bahan yang Bagus untuk Plafon Rumah

Advertisement
Bahan yang Bagus untuk Plafon Rumah - Plafon rumah mempunyai beragam fungsi, salah satunya untuk menyaring panas dari sinar matahari yang dapat menembus atap rumah. terlebih jika atap yang Anda gunakan berbahan dasar seng, penggunaan plafon rumah menjadi sangat berguna untuk mengurangi hawa panas tersebut.
Plafon Rumah
Tampilan Plafon Rumah Minimalis Modern
Tidak hanya itu saja, plafon juga berguna menghindari air yang jatuh dari atap ketika hujan turun dan ketika atap rumah bocor. Sehingga Anda harus tetap memilih bahan plafon yang baik dan berkualitas, kuat serta tahan terhadap rembesan air. Meskipun letaknya berada di bagian bawah atap dan di atas ruangan dan juga jarang diperhatikan, memilih bahan plafon rumah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Selain fungsi plafon diatas, plafon rumah juga memiliki beberapa fungsi seperti pendukung keindahan atap rumah, sebagai penyempurna warna dan sebagai pelengkap desain sekaligus partisi ruangan rumah.

Berikut ini ada tiga jenis material plafon rumah yang biasanya banyak digunakan yaitu fiber semen, gipsum dan tripleks. Dari masing-masing ketiga jenis material tersebut tentu memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, tentukan bahan plafon yang bagus dan sesuai dengan rumah idaman Anda.

Fiber Semen
Bahan dari fiber semen terkenal sebagai bahan yang tahan terhadap rayap dan air. Tentu plafon berbahan ini lebih baik dalam hal mengantisipasi kebocoran dibanding plafon berbahan gipsum dan tripleks. Bahan fiber semen ini terbuat dari bahan campuran semen, gypsum, pasir silica dan serat selulosa serta zat aditif sebagai penguat fiber.

Namun, bahan ini juga memiliki kekurangan dalam hal berat dibandingkan dengan 2 bahan yang lainnya, fiber ini mempunyai berat yang lebih besar. Sehingga untuk pemasangan fiber semen ini membutuhkan alat yang canggih seperti halnya bor dan gergaji mesin. Plafon fiber semen dapat juga dipasang pada rangka kayu dan besi hollow dan fleksibel.

Gypsum
Material plafon rumah yang satu ini dapat membuat bagian atas rumah menjadi lebih terlihat rata dan halus. Hal ini merupakan keunikan dan keunggulan dari plafon bernahan gipsum dibandingkan material lainnya. Kini pemakaian plafon gypsum juga semakin banyak. Apabila Anda ingin menampilkan rumah dengan nuansa modern seperti pada rumah minimalis, plafon gipsum adalah plafon yang cocok digunakan. Selain itu, daya tarik dari bahan plafon jenis ini adalah bisa disembunyikannya kabel-kabel rumah, sehingga tampilan atas rumah tampak lebih rapi dan bersih.

Untuk pemasangan gypsum dapat menggunakan rangka kayu dan besi ataupun hollow. Jika digunakan di rangka kayu, Anda bisa memasangnya dengan menggunakan paku. Sementara untuk pemasangan pada hollow, bisa menggunakan sekrup.

Tripleks
Bahan plafon triplek inilah yang paling ringan di antara 2 bahan lainnya. Selain harganya yang cukup terjangkau, biasanya tripleks ini juga digunakan untuk menghias plafon rumah. Pemasangan plafon berbahan tripleks terbilang cukup mudah. Apalagi dengan bahannya yang tipis membuatnya tidak terlalu sulit untuk dipotong-potong.

Nah, itu tadi beberapa bahan material dari plafon. Semoga dengan pengenalan bahan-bahan tersebut bisa membuat Anda mengetahui lebih cermat dalam memilih bahan plafon rumah yang tepat dan bagus serta sesuai untuk rumah Anda.
Advertisement.
Bahan yang Bagus untuk Plafon Rumah | Eka Putra | 5