Arti Warna Cat Rumah yang Baik Menurut Fengshui

Advertisement
Arti Warna Cat Rumah yang Baik Menurut Fengshui - Sebagian orang banyak yang menggunakan pedoman Feng Shui sebagai acuan yang bagus untuk merancang rumah idamannya. Begitu pula dengan tampilan warna rumah yang juga memiliki arti menurut fengshui. Warna cat rumah tidak hanya berfungsi sebagai pendukung estetika interior atau untuk mempercantik ruangan rumah, namun juga bisa memberikan efek psikologis dan mempunyai makna tersendiri untuk ruangan rumah Anda.
Arti Warna Cat Rumah yang Baik Menurut Fengshui
Warna Cat Dinding
Menurut ilmu tata ruang Cina atau Fengshui, warna cat dinding memiliki makna yang sangat berarti, sehingga dalam mengaplikasikan warna cat rumah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Prinsip utama Feng Shui menyeimbangkan Yin, Yang dan aliran chi. Penggunaan warna merupakan aspek utama yang mampu memberikan aliran energi-energi yang kuat sehingga menimbulkan getaran energi positif maupun negatif.

Berikut beberapa pengenalan mengenai arti warna cat rumah dalam Feng Shui.

Warna Putih
Warna putih dalam Feng Shui memiliki arti kemurnian dan kepolosan. Warna putih juga menyimbolkan bersih, permulaan, segar dan kebebasan. Warna ini akan sangat cocok digunakan untuk ruang santai, ruang keluarga ataupun dapur. Sebaliknya warna putih ini tidak cocok bila digunakan pada kamar tidur anak atau ruang makan keluarga.

Warna Hitam
Warna hitam dalam Feng Shui, dianggap wakil dari kekosongan dan introspeksi. Sifat dari warna hitam yaitu misterius, tersembunyi, rahasia dan protektif. Warna hitam ini adalah kebalikan dari prinsip keterbukaan. Apabila Anda termasuk orang yang ekspresif, penggunaan warna ini kurang cocok. Warna ini sering dipakai untuk kamar tidur remaja.

Warna Abu-abu
Warna Abu-abu merupakan warna surga. Warna abu-abu juga berkaitan dengan kenyamanan dan prestasi. Orang yang menyukai warna abu-abu sering dipercaya dan suka membantu orang lain.

Warna Biru
Warna ini dianggap sebagai penyeimbang warna merah. Warna biru bersifat menenangkan api. Biru juga digambarkan dari perwakilan langit dan laut yang menandakan kedamaian, ketenangan dan kebenaran. Warna biru ini biasanya banyak disukai orang namun ketika Anda tertekan, ada baiknya menghindari warna ini. Kebanyakan orang yang menggunakan warna biru ini untuk ruangan yang bersifat pribadi seperti kamar tidur, ruangan meditasi atau ruangan untuk terapi.

Warna Merah
Salah satu warna yang paling penting dan menjadi filsafat timur adalah merah. Warna ini mewakili unsur api dan dianggap keberuntungan. Merah juga berkaitan dengan keberanian. Penggunaan warna merah bisa menjadi aksen yang sangat menarik sehingga terkesan memperbesar suatu objek hanya dengan memberikan sedikit sentuhan. Untuk orang yang terlalu aktif atau cemas, sebaiknya tidak menggunakan warna merah di kamar tidur.

Warna Ungu
Ungu merupakan warna yang impresif dan mempunyai nilai spiritual tinggi. Anda bisa menggunakan warna ini pada ruang tidur atau ruang meditasi. Warna ungu tidak cocok digunakan untuk dapur dan kamar mandi.

Warna Pink
Warna pink dikenal sebagai warna yang menggambarkan ketulusan dan penuh keromantisan. Warna pink akan sangat cocok digunakan pada ruangan yang nilai privasinya tinggi seperti ruangan kamar tidur. Namun. sebaliknya warna ini tidak cocok digunakan untuk kamar mandi atau dapur.

Warna Hijau
Hijau melambangkan keasrian, kemurnian, kesehatan, kesuburan, religius dan harmonis.Ruangan bernuansa hijau akan terasa segar dan teduh. Warna hijau ini sebaiknya tidak digunakan di ruang keluarga, ruang belajar dan ruang bermain.

Warna Kuning
Warna kuning melambangkan keceriaan. Warna kuning juga bisa membantu menyehatkan pencernaan dan menjernihkan pikiran. Warna ini akan sangat cocok untuk dapur, koridor atau ruang bermain anak. Warna ini tidak cocok untuk ruangan meditasi dan kamar mandi.

Warna Coklat
Warna coklat memiliki karakter yang elegan dan mempunyai stabilitas tinggi. Pengaplikasian warna coklat sangat disarankan pada ruangan yang memerlukan konsentrasi lebih seperti pada ruang belajar atau ruang kerja. Warna ini tidak dianjurkan untuk ruang istirahat.

Warna Orange
Warna orange berkarakter ceria, gembira, dan komunikasi yang kuat. Warna ini sangat cocok digunakan di ruangan kamar tidur, ruang makan ataupun koridor. Warna orange tidak cocok digunakan pada ruangan yang kecil.

Umumnya arti warna cat dinding ini hanyalah secara garis besar yang banyak digunakan untuk mendapatkan keseimbangan yin dan yang menurut fengshui.
Advertisement.
Arti Warna Cat Rumah yang Baik Menurut Fengshui | Unknown | 5