Trik Mempercantik Ruangan Rumah dengan Cat Dekoratif

Advertisement
Trik Mempercantik Ruangan Rumah dengan Cat Dekoratif - Ingin merubah penampilan ruangan namun terkendala biaya? Anda bisa mencoba berkreasi dengan cat. Sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa Anda kerjakan sendiri. Warna cat dinding yang polos terkadang terlihat tidak menarik. Langkah cepat mengubah tampilannya adalah menghias dengan wallpaper. Anda bisa memilih berbagai motif dan warna yang tersedia di pasaran untuk diaplikasikan. Namun, apabila tidak cukup dana, langkah ini bisa saja tertunda.
Trik Mempercantik Ruangan Rumah dengan Cat Dekoratif
Cat Dinding Dekoratif
Untuk langkah lebih murah yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan cat dinding. Maksimalkan saja penggunaannya dengan menggolahnya sehingga memiliki efek-efek yang menarik pada sebuah bidang dinding. Terdapat beberapa cara membuat efek tertentu pada dinding rumah seperti sponging, ragging, stenciling dan stamping. Seperti namanya, teknik sponging yaitu menyapukan cat dengan menggunakan spons. Sedangkan, ragging menyapukan cat menggunakan lap atau kain.

Sebelum Anda menghias dinding, terlebih dahulu tentukan skema warna yang Anda inginkan. Yang perlu Anda ingat bahwa teknik dekorasi ini memerlukan dua warna cat yaitu untuk dasar dan dekorasinya. Warnai dinding dengan cat seperti biasanya, lalu biarkan hingga kering.

Misalnya menggunakan teknik sponging. Setelah cat dasar sudah tersedia atau siap, celupkan spons atau kain lap ke dalam cat yang berwarna lebih muda. Kemudian usapkan pada dinding hingga berhasil memperoleh efek yang Anda inginkan. Jika dirasa gagal, Anda bisa menimpa dengan cat dasar seperti sebelumnya lalu biarkan kering dan gosok ulang dengan menggunakan spons atau lap.

Lalu bagaimana dengan teknik stenciling dan stamping? Kedua teknik tersebut digunakan untuk mencetak motif sehingga dinding akan tampak seperti dilapisi wallcover.

Anda bisa membuat terlebih dahulu pola cetakan motif yang Anda inginkan pada kertas yang agak tebal. Lalu, letakkan pola yang sudah Anda buat pada dinding dan sapukan cat di atasnya dengan menggunakan kuas atau spray gun. Buatlah motif di sepanjang dinding, perhatikan juga agar posisinya tidak miring. Dinding pun bagaikan berlapis wallcover buatan Anda sendiri.

Bagaimana cara mempercantik ruangan rumah diatas? Mudah bukan? Tentu Anda lebih bangga karena bisa berhasil menghias dinding sendiri. Baca juga cara mengganti warna cat dinding.
Advertisement.
Trik Mempercantik Ruangan Rumah dengan Cat Dekoratif | Unknown | 5