Tips Mencegah Pagar Besi Berkarat

Advertisement
Tips Mencegah Pagar Besi Berkarat -  Memiliki pagar rumah minimalis akan membuat rumah Anda tampak elegan. Namun, jika pagar tersebut terbuat dari besi tentunya Anda harus giat untuk merawatnya. Pagar besi merupakan elemen yang cukup rentan terserang karat karena letaknya yang berada di luar rumah. Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah pada pagar besi Anda, sebaiknya jangan menunda melakukan perawatan pagar Anda.

Karat yang terjadi pada pagar besi bisa bersumber dari dua hal, yakni karena adanya reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Elemen yang memungkinkan terjadinya reaksi tersebut adalah air, oksigen, dan garam terlarut. Kerusakan yang ditimbulkan pada besi yang sudah berkarat bisa bermacam-macam, mulai dari tingkat awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri.
Tips Mencegah Pagar Besi Berkarat
Jika kerusakan pagar besi Anda masih ditingkat awal mungkin bisa diperbaiki, tapi bila sudah sampai tingkat hilangnya bahan besi, maka otomatis harus dilakukan penggantian. Maka dari itu, ada baiknya Anda mencegahnya sebelum terlanjur rusak dengan melakukan 3  langkah cara mencegah pagar besi berkarat berikut ini. Dengan begitu rumah Anda tidak akan kehilangan nilai estetikanya.

Bahan dan alat yang diperlukan.
  • Cat besi yang mengandung bahan anti karat. Nantinya cat ini difungsikan sebagai cat primer sekaligus top coat atau cat finish.
  • Ampelas besi
  • Sikat kawat
  • Kuas, sebaiknya disesuaikan dengan besarnya besi yang dipakai

Langkah-langkahnya:
  • Sikat bagian logam (besi) yang berkarat dengan sikat kawat, kemudian ampelas bagian tersebut sampai benar-benar bersih.
  • Jika masih ada kotoran debu dan minyak di permukaan besi, bersihkan dengan kain lap kering.
  • Setelah benar-benar bersih, Anda bisa mulai mengecatnya dengan cat yang mengandung anti karat. Cat ini menjadi lapisan cat primer sekaligus top coat  atau lapisan cat terakhir. Selain itu, cat tersebut juga tahan cuaca dan banyak tersedia berbagai pilihan warna dekoratif. Anda bisa memilih sesuai keinginan dan selera. Jika Anda tidak menggunakan cat jenis tersebut, bisa juga dengan mengaplikasikan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggu sampai satu hari, kemudian baru aplikasikan cat finish. Pagar besi di rumah Anda akan terlihat mengkilap lagi.

Demikian beberapa tips mencegah dan membersihkan pagar dari karat. Selamat Mencoba.
Advertisement.
Tips Mencegah Pagar Besi Berkarat | Unknown | 5