Desain Interior Ruang Tamu Minimalis yang Multifungsi

Advertisement
Desain Interior Ruang Tamu Minimalis yang Multifungsi - Faktor keterbatasan lahan sekarang ini membuat banyak orang lebih memilih hunian bergaya vertikal dan mendesain interior rumah sedemikian rupa sehingga memiliki peran multifungsi. Hal ini tentunya bertujuan agar dapat menampung segala aktivitas rumah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang rumahnya tinggal di daerah perkotaan dengan lahan terbatas, bisa mendesain ruangan dengan gaya kompak atau multi fungsi. Misalnya pada ruang tamu minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang baca. Namun, mendesain ruang tamu tidak boleh hanya sekadar mengikuti tren.

Anda harus mengerti dahulu bagaimana aturan konsep yang ingin diaplikasikan, tidak terkecuali pada konsep minimalis. Jika Anda ingin mengaplikasikan gaya minimalis pada ruang tamu, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu makna konsep tersebut.
Desain Interior Ruang Tamu Minimalis yang Multifungsi
Ruang Tamu Multifungsi
Umumnya desain minimalis dikenal sebagai gaya yang erat kaitannya dengan unsur garis-garis atau kotak-kotak. Padahal, apabila meninjau lebih jauh tentang konsep minimalis ini, sebetulnya bukan hanya sekedar soal garis dan bentuk saja, namun berkaitan juga dengan minimalisasi biaya (budget) dan keterbatasan lahan.

Pada dasarnya konsep minimalis tak kalah mewah dengan konsep bangunan rumah lainnya. Meskipun dari segi biaya struktur pembangunan desain minimalis bisa dikatakan minim, namun konsep ini masih bisa dipermewah dengan elemen dekoratifnya. Agar interior rumah yang sempit tetap fungsional, Anda bisa menerapkan desain multifungsi, salah satunya dengan memanfaatkan ruang tamu sekaligus menjadi ruang keluarga. Lakukanlah penataan yang tepat agar suasana ruangan tetap nyaman.

Tidak perlu berkecil hati jika Anda mempunyai rumah berukuran sempit karena dengan menggunakan gaya multifungsi atau desain yang kompak, Anda masih tetap bisa memiliki ruangan yang bisa menampung aktivitas rumah. Pada ruang tamu multifungsi dapat Anda rancang sekaligus sebagai ruang keluarga.

Tapi, Anda perlu mempertimbangkan lebar ruangan, mempertimbangkan luas setiap ruangan agar nantinya dapat memilih furnitur yang sesuai dengan ruangan tersebut, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Pertimbangkan pula untuk memindahkan beberapa barang yang memang dirasa terlalu besar untuk ruang tertentu.

Yang perlu diperhatikan, jika Anda meletakkan furnitur terlalu besar pada ruangan yang sempit, tentu akan membuat tidak nyaman karena bisa mengganggu skala gerak dan sirkulasi penghuni rumah dalam melakukan aktivitas saat di ruangan tersebut. Jadi, sangat penting diperhatikan optimalisasi bagian tertentu yang akan Anda letakkan furnitur.
Advertisement.
Desain Interior Ruang Tamu Minimalis yang Multifungsi | Eka Putra | 5