Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah

Advertisement
Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah - Cat yang diterapkan pada dinding eksterior rumah akan turut menentukan tampilan fasad rumah Anda. Warna cat rumah yang digunakan untuk eksterior akan menghidupkan penampilan rumah sehingga terlihat indah. Baik itu rumah baru atau rumah lama, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi cat ekteriornya. Jika kondisi cat pada dinding luar rumah Anda sudah mulai rusak akibat serangan cuaca, maka sebaiknya dilakukan pengecatan kembali.
Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah
Cat Dinding Eksterior
Satu hal yang perlu Anda ingat, teknik cara mengecat dinding eksterior rumah tentunya berbeda dengan teknik mengecat dinding interior rumah. Penggunaan cat dinding untuk eksterior harus memiliki daya tahan yang lebih baik, karena setiap harinya akan terkena paparan sinar matahari dan air hujan. Berikut tips yang perlu diketahui dalam melakukan pengecatan dinding eksterior.

1. Pastikan tembok rumah dalam keadaan baik dan bersih dari lumut atau jamur. Bila masih ada jamur atau lumut, ada baiknya Anda bersihkan dengan cara mengamplas hingga benar-benar bersih.

2. Jika tembok Anda adalah tembok baru maka permukaannya masih penuh dengan pori-pori yang dapat menyerap cat. Oleh karena itu, untuk menghemat cat ada baiknya Anda melapisi tembok baru tersebut dengan water based sealer yang berkualitas baik.

3. Untuk tembok lama yang sudah pernah Anda cat, terkadang cat baru sulit menempel dan menggelembung. Hal ini karena pori-pori pada permukaan tembok sudah tertutup. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya terlebih dulu Anda kelupas lapisan cat lama. Caranya dengan mengampelasnya hingga sisa-sisa cat lama terkikis habis. Kemudian bersihkan dengan kain atau lap basah dan keringkan.

4. Campurkan cat eksterior dan air dalam perbandingan 1 : 10, atau sesuaikan dengan ketentuan yang dianjurkan oleh produsen cat. Lalu, aduklah hingga tercampur rata kemudian tuangkan dalam bak untuk mengecat. Proses pengecatan sudah dapat Anda mulai.

5. Gunakan kuas untuk mengecat bagian pinggiran tembok atau lis. Dalam melakukan pengecatan sebaiknya buatlah alur kuas dalam pola vertikal (atas-bawah) bukan samping kiri dan kanan. Bisa juga menggunakan pola "W" ataupun "M", untuk memastikan bahwa seluruh permukaan dinding sudah tertutup cat dengan rata.

6. Setelah lapisan pertama sudah mengering kira-kira selama 2-3 jam, Anda bisa melanjutkan pengecatan lapisan kedua di atas lapisan cat yang pertama. Pada saat melakukan proses pengaplikasian cat akhir, jangan memberikan lapisan cat awal dengan cat yang kental. Sebaiknya beri lapisan cat dasar dengan tipis-tipis saja. Hal ini agar pori pori tembok bisa tertutup oleh cat, setelah cat kering baru Anda lakukan pengecatan yang berulang sampai selesai.

Demikian beberapa tips mengecat dinding eksterior yang bisa dijadikan panduan dalam melakukan pengecatan rumah idaman Anda.
Advertisement.
Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah | Eka Putra | 5