6 Cara Mengecat Interior Rumah yang Tepat

Advertisement
6 Cara Mengecat Interior Rumah yang Tepat - Apakah Anda sudah mulai bosan dengan suasana ruangan rumah dan ingin merubah dekorasi warna cat dindingnya? Tidak perlu repot-repot memakai jasa tukang cat. Untuk menghemat biaya, Anda pun dapat melakukannya sendiri. Caranya ajaklah keluarga Anda melakukan pengecatan ulang pada waktu hari minggu atau hari libur lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips cara mengecat interior rumah dibawah ini.
6 Cara Mengecat Interior Rumah yang Tepat
Ilustrasi: Cara Mengecat Dinding Interior Rumah
1. Bersihkan Dinding
Bersihkan dinding dari debu, kotoran dan noda minyak dengan menggunakan vacum cleaner karena jika tidak dibersihkan akan membuat hasil akhir warna cat rumah tidak merata, jika terlalu kotor Anda bisa menggunakan spons selulosa dan deterjen berformula lembut. Gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air residu dari sabun tersebut hilang.

2. Lindungi bagian yang tidak ingin dicat dengan lakban
Batasi antara dinding dan lantai, bingkai dan jendela. Hal ini dimaksudkan agar noda cat tidak mengenai bagian lainnya. Lindungi bagian rumah yang tidak ingin Anda cat dengan lakban atau pita perekat saat melakukan pengecatan. Setelah proses pengecatan selesai, segera lepas pita perekat sebelum cat dinding mengering untuk menghindari cat tidak ikut terkoyak.

3. Tutup retakan pada dinding
Anda bisa menggunakan plamir atau dempul tembok untuk menutup celah atau retak pada dinding rumah. Lalu gunakan amplas untuk meratakan sampai halus. Gunakan juga cat primer yaitu sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar memperoleh hasil akhir yang rata dan bagus.

4. Gunakan kuas kecil pada bagian yang sempit
Alat pengecat berupa roller tidak bisa Anda gunakan di semua bagian dinding, karena roller ini hanya untuk area yang luas saja. Sedangkan untuk area yang sempit atau sulit seperti bagian sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar 2 inci.

5.Gunakan metode gerakan zig-zag
Agar lebih rata, gunakan trik mengecat dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah terus ulangi sampai dinding tertutup rata. Setelah kira-kira selama 2-3 jam, Anda bisa melapisi kembali agar hasilnya lebih rapi. Roller juga bisa Anda gunakan untuk meratakan warna permukaan dinding.

6. Ulangi bila perlu
Jika memang hasil pengecatan masih kurang sempurna, Anda bisa mengulanginya sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik. Jika ada sisa-sisa cat yang jatuh ke lantai, sebaiknya segera bersihkan dengan kain basah.

Demikian cara mengecat interior rumah dengan teknik yang tepat, semoga tips tersebut bisa bermanfaat. Baca juga paduan warna cat rumah yang serasi.
Advertisement.
6 Cara Mengecat Interior Rumah yang Tepat | Eka Putra | 5