3 Tips Penting Dalam Menata Dapur

Advertisement
3 Tips Penting Dalam Menata Dapur - Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas mengenai cara merenovasi dapur dengan dana terbatas, pada topik kali ini masih berkaitan dengan dapur. Dapur merupakan salah satu area di rumah yang biasanya memiliki banyak sekali perabotan. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu dibutuhkan keterampilan untuk menatanya agar tidak terlihat berantakan. Sehingga dapur Anda pun akan terasa nyaman dan enak dipandang.
3 Tips Penting Dalam Menata Dapur
Agar fungsi dapur rumah menjadi lebih maksimal, Simak tips menata dapur berikut ini.

1. Area peyimpanan
Sebaiknya Anda memberikan pemisah untuk tempat penyimpanan makanan kering dan basah. Bahan makanan yang kering bisa ditempatkan dalam kabinet. Sedangkan untuk bahan makanan yang bersifat besar sebaiknya Anda simpan di dalam kulkas.

Untuk peralatan yang sering digunakan seperti peralatan memasak dan peralatan makan, sebaiknya diletakkan pada rak gantung. Sedangkan untuk peralatan yang jarang Anda gunakan, sebaiknya simpan saja di kabinet bagian bawah, termasuk juga peralatan yang bersih-bersih.

2. Area persiapan dan pencucian
Sebaiknya Anda menggunakan top table untuk mempersiapkan berbagai jenis bahan makanan yang ingin dimasak. Menggunakan top table akan membuat proses memasak menjadi lebih teratur dan terlihat rapi. Untuk pencucian peralatan yang telah digunakan untuk masak dan makan, Anda bisa menggunakan sink dan rak duduk. Hal ini sangat berguna untuk meletakkan perabot setelah pencucian.

3. Area pemasakan
Urusan masak-memasak tentu kompor adalah peralatan yang wajib ada di dapur. Anda dapat menggunakan kompor portable atau kompor tanam. Anda bisa menggunakan berbagai peralatan pelengkap agar dapur menjadi lebih nyaman saat digunakan, Misalnya menggunakan pengisap asap atau cooker hood .

Selain tiga hal di atas, masih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya peletakan kompor dengan jarak minimal 30 cm dari jendela. Hal ini untuk menghindari api kompor tertiup angin yang berhembus. Lalu, perlu juga memberi jarak antara dinding dan kulkas, untuk pendingin kondensator kulkas. Manfaat lainnya agar kulkas bisa dibuka dengan maksimal.

Terakhir, agar proses memasak Anda tidak terganggu, sebaiknya peletakkan kompor jangan di dekat bak cuci karena percikan air akan mengenai kompor.

Demikian beberapa tips cara menata dapur agar terlihat rapi dan maksimal. Jika Anda memiliki hunian minimalis mungkin bisa melihat beberapa inspirasi desain dapur minimalis. Semoga bermanfaat.
Advertisement.
3 Tips Penting Dalam Menata Dapur | Eka Putra | 5