6 Tips Mengecat Ulang Furniture Lama

Advertisement
6 Tips Mengecat Ulang Furniture Lama - Tampilan furnitur yang itu-itu saja terkadang membuat suasana ruangan menjadi`membosankan. Ingin ganti dengan yang baru, tapi tidak ada budget lebih. Untuk mendekorasi ruangan, Anda tidak harus dengan membeli furnitur yang baru. Anda bisa menghemat biaya dengan memperbarui furnitur yang telah ada. Caranya pun cukup gampang yaitu dengan mengecat ulang.
6 Tips Mengecat Ulang Furniture Lama
Mengecat Ulang Furniture
Berikut tips mengecat ulang furnitur, khusus untuk furnitur lama berbahan kayu alami. Peralatan yang harus Anda siapkan yaitu furnitur, amplas, kain bersih atau vacuum cleaner, cat dasar, cat lateks, kuas kecil dan kuas roller.

Cara mengecat ulang furniture:

1. Lepaskan beberapa item
Jika yang Anda cat adalah bagian dalam furnitur, sebaiknya lindungi perabotan yang ada. Caranya dengan melepaskan beberapa bagian seperti pegangan, sekrup, dan lain sebagainya dari furnitur. Hal ini dimaksudkan agar bagian lain dari furnitur tersebut tidak terkena cat. 

2. Amplas furnitur
Untuk memperoleh tampilan furnitur yang halus, terlebih dahulu amplas furnitur yang akan dicat.

3. Membersihkan furnitur
Lap furnitur dengan menggunakan kain bersih atau vacuum cleaner. Hal ini untuk menghapus sisa kotoran. 

4. Aplikasikan cat dasar
Aplikasikan cat dasar ke seluruh bagian furnitur. Hal ini untuk menutupi bahan kayu furniture Anda. Selain dengan menggunakan kuas, bisa juga dengan menggunakan cat dasar semprot. Setelah itu, tutupi bagian yang tidak sempurna dan biarkan kering selama satu jam.

5. Cat furnitur
Untuk mengecat permukaan yang luas, Anda bisa menggunakan kuas rol. Sementara untuk bagian yang sempit, bisa menggunakan kuas kecil. Gunakanlah cat lateks dalam satu lapisan.

6. Biarkan kering selama dua jam
Setelah cat kering, aplikasikan lapisan cat kedua dengan menggunakan sikat pembersih (umumnya, minimum lapisan cat furniture sebanyak dua kali).

Tips tambahan: Setelah mengecat lapisan pertama, ada baiknya, Anda memasukkan kuas ke dalam kantong plastik. Lalu dimasukkan ke dalam freezer agar tetap lembab. Hal ini lebih cepat daripada membersihkannya dan menunggu hingga kering.

Demikian beberapa cara mengecat ulang furniture rumah. Baca juga bagaimana cara memilih furniture untuk rumah minimalis.
Advertisement.
6 Tips Mengecat Ulang Furniture Lama | Unknown | 5