Tips Mengecat Ulang Pagar Besi

Advertisement
Tips Mengecat Ulang Pagar Besi - Pagar besi rumah harus selalu dicat secara berkala. Dalam melakukan pengecatan pagar besi tidak cukup hanya sekali saja. Tentunya sering perubahan cuaca cat pada pagar tersebut semakin lama akan rusak atau kusam. Maka dari itu, pengecatan pagar rumah harus dilakukan secara berkala.
Tips Mengecat Ulang Pagar Besi
Mengecat Ulang Pagar Besi
Anda bisa membuat cat bertahan dalam jangka waktu lebih lama. Asal langkah yang Anda lakukan tepat. Sebenarnya tidak sulit dalam melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah empat langkah sederhana ini. Berikut cara mengecat ulang pagar besi.

Mengikis Lapisan Cat Lama
Sebelum Anda mulai melapisi pagar dengan cat yang baru, terlebih dulu kikis lapisan cat awal atau lama. Gunakan alat bantu seperti kape untuk mempermudah mengikis.

Dibutuhkan kesabaran dalam melakukan pekerjaan karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses mengikis ini dilakukan agar tidak menimbulkan gelombang pada permukaan pagar ketika di ulang.

Perlu diketahui bahwa sisa karat yang tertinggal bisa kembali beroksidasi dan menghasilkan karat baru. Jika dibiarkan, karat tersebut semakin lama akan merusak permukaan cat yang lain.

Ampelas Besi Pagar
Biasanya mengikis lapisan cat dengan kape masih bisa meninggalkan sisa cat yang membandel atau debu pada pagar besi.

Oleh karena itu kikis kembali pagar besi dengan menggunakan ampelas untuk memperoleh hasil yang lebih bersih. Sebaiknya pilih ampelas dengan tingkat kekasaran yang medium. Terus lakukan proses ini sampai Anda yakin pagar rumah sudah benar-benar bersih atau mulus dan bebas dari gumpalan cat atau debu.

Lapisan Cat Dasar
Jika proses pengikisan sudah selesai, saatnya melapisi pagar rumah dengan cat dasar yang dikhususkan untuk besi. Sebaiknya pilih cat dasar yang tahan alkali agar cat dapat dengan mudah kering dan jangan mencampur tiner terlalu banyak ke dalam cat dasar. Hal ini agar daya tutup cat bisa semakin maksimal.

Poleskan Cat Penutup
Jika lapisan cat dasar sudah kering, Anda dapat mulai menyapukan cat di lapisan pagar. Hati-hati dalam melakukan proses ini mulai dari bagian atas ke bawah.

Untuk mendapatkan hasil warna yang lebih rata dan kuat, ulangi pengecatan sekali lagi setelah lapisan cat pertama kering. Untuk pengaplikasian warna, sebaiknya menggunakan warna cat pagar yang senada dengan fasad rumah agar terlihat menyatu dan indah.

Demikian beberapa trik mengecat ulang pagar yang bisa Anda jadikan panduan dalam melakukan pengecatan ulang pagar besi rumah. Selamat mencoba. Ketahui juga berapa tinggi pagar yang ideal.
Advertisement.
Tips Mengecat Ulang Pagar Besi | Eka Putra | 5