5 Cara Menghias Ruang Tamu Mungil

Advertisement
5 Cara Menghias Ruang Tamu Mungil - Ruang tamu merupakan salah satu elemen penting yang ada di rumah. Disarankan agar ruang tamu bisa multifungsional karena di tempat ini Anda akan menjamu keluarga dan tamu. Tentu akan menyenangkan apabila Anda memiliki ruang tamu yang berukuran besar. Tapi bila Anda tinggal di rumah minimalis sederhana atau apartemen, tentunya ukuran ruang tamunya tidak terlalu luas.
Ruang Tamu Mungil
Ruang Tamu Mungil
Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghias ruang tamu kecil agar nampak lebih besar. Berikut beberapa tipsnya.

1. Pilihlah warna cat yang benar. Penggunaan warna cat dapat mengubah kesan ruangan tamu Anda secara dramatis. Untuk ruangan dengan ukuran kecil harus dicat dengan warna yang dingin seperti abu-abu, hijau dan biru. Warna abu-abu adalah warna netral yang sangat baik dan akan terlihat luar biasa di ruang tamu mungil Anda karena cocok dengan semua skema warna. Selain itu, ada baiknya langit-langit rumah Anda cat menggunakan satu warna lebih muda dari dinding karena bisa membuat ruangan terasa lebih tinggi dan lega.

2. Menggantung tirai dekat langit-langit. Pilihlah tirai yang jatuh menjuntai ke lantai dan gantung tirai tersebut lebih tinggi dari bagian atas jendela. Ada baiknya, puncak tirai dari bagian atas jendela diberi jarak 10 cm hingga 15 cm. Gorden yang membentang dari langit-langit ke lantai akan menciptakan ilusi tinggi dan ruang di ruangan yang kecil.

3. Memilih kursi yang tepat. Pertimbangkan untuk memilih kursi atau sofa yang tidak mempunyai lengan. Kursi dengan model seperti ini bisa membuat ruang terasa lebih terbuka. Selain itu, pastikan bahwa Anda tidak menempatkan banyak furnitur karena hal ini hanya akan mengacaukan ruang tamu kecil dan membuat ruangan tersebut terlihat penuh.

4. Buatlah titik fokus (focal point) dengan ukuran yang besar. Anda bisa menggunakan barang berukuran besar yang terlihat bertentangan dengan dekorasi ruang kecil untuk dijadikan focal point. Satu focal point dengan ukuran yang besar akan menambah gaya tanpa harus membuat ruangan terasa sempit. Menggunakan satu hiasan berukuran besar yang artistik akan jauh lebih baik daripada menggunakan banyak hiasan kecil, yang justru hanya akan menciptakan perasaan kekacauan.

5. Menggunakan cermin. Kaca berfungsi memantulkan cahaya dan membuka ruangan, sehingga dapat membuat ruangan kecil tampak lebih besar. Tempatkan cermin besar tersebut di atas sofa, atau bisa juga di seberang jendela untuk menangkap cahaya. Kalu perlu tempatkan pula cermin-cermin kecil untuk menciptakan kesan satu cermin besar.

Demikian beberapa cara mempercantik ruang tamu mungil yang bisa dijadikan panduan dalam mendekorasi ruang tamu Anda. Selamtat mencoba.
Advertisement.
5 Cara Menghias Ruang Tamu Mungil | Eka Putra | 5