7 Tips Desain Interior Rumah Kecil Minimalis

Advertisement
7 Tips Desain Interior Rumah Kecil Minimalis - Banyak orang yang menilai bahwa jika memiliki rumah mungil bertipe 21 tidak akan bisa lagi berharap untuk menjadikan rumah tersebut leluasa. Hal ini karena, bagaimana mungkin dapat menjadi lebih leluasa bila luas bangunan tidak memungkinkan untuk diakali.
Desain Interior Rumah Kecil Minimalis
Interior Rumah Mungil
Pastinya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena, rumah dengan type apa pun masih bisa saja disiasati tapi dengan catatan Anda mengetahui bagaimana caranya. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa cara membuat interior rumah kecil terlihat luas yang perlu Anda simak.

1. Gunakan cermin
Cermin bisa menciptakan kesan luas pada ruangan. Oleh karena itu, gunakanlah cermin di daerah meja makan ataupun ruang keluarga. Peletakan cermin berukuran besar di tempat yang tepat akan dapat menghasilkan efek ruang yang kuat.

Sebelum Anda menempatkan cermin di dinding, Anda bisa mencoba-coba terlebih dahulu penempatannya di beberapa tempat untuk mengetahui bagaimana efeknya pada ruang.

2. Gunakan furnitur built-in (Modular Furniture)
Desain built-in bisa menciptakan kesan ruang yang simpel dan membuat ruang terlihat lebih luas. Selain itu juga dapat mengurangi biaya pembelian furniture. Misalnya saja pada ruang kamar tidur, lemari dapat dibuat menempel ke dinding atau di dalam gypsum.

Anda hanya perlu membuat tambalan di dalamnya dan membuat pintunya sehingga memperkecil biaya pembuatan furnitur. Untuk bagian dalam lemari bisa Anda lapisi dengan wallpaper agar lebih manis.

3. Gunakan furnitur berukuran kecil
Gunakanlah perabotan dengan dimensi yang tidak terlalu memakan tempat. Misalnya untuk meja makan, Anda bisa menggunakan meja makan minimalis atau kecil yang diletakkan menempel pada tembok dengan empat kursi.

Untuk kursi yang digunakan akan lebih baik jika terbuat dari puff sehingga kesan ruangan lebih luas. Sebagai pemanis ruangan, gunakan juga coffee table dan credenza dengan ukuran kecil.

4. Pilih furnitur yang kesannya ringan
Sebaiknya jangan memilih furnitur yang berat dan tebal. Lebih baik mencari furnitur yang tipis dan bentuknya rangka, bukan bidang. Misalnya untuk credenza tv, Anda bisa memilih furniture yang berkaki, jangan memilih yang penuh sampai ke lantai.

5. Pilih warna ruangan yang berwarna muda
Warna ruang jangan gelap untuk digunakan pada bidang dinding yang besar. Sebaiknya pilih warna muda sehingga kesan ruang lebih luas dan terang.

6. Maksimalkan Tempat Penyimpanan
Pergunakan semaksimal mungkin furnitur untuk tempat penyimpanan. Contohnya untuk membuat laci-laci di bawah ranjang, nakas yang bisa digunakan untuk menyimpan barang, credenza yang bisa memuat majalah-majalah dan semua furnitur-furnitur lainnya. Dengan menggunakan banyak penyimpanan maka akan mengurangi barang-barang yang dibiarkan tergeletak dan jika barang bertambah banyak, Anda tidak perlu membuat lagi tempat peyimpanan.

7. Ciptakan kesan final
Jangan biarkan dinding rumah yang kosong terlalu besar. Dinding yang kosong dapat Anda isi dengan lukisan atau hiasan. Tapi, jangan dibuat terlalu penuh. Sebaiknya secukupnya saja sehingga bangunan tidak terkesan dingin dan kosong.

Demikian cara mendesain interior rumah berukuran kecil yang bisa dijadikan panduan. Selamat mencoba
Advertisement.
7 Tips Desain Interior Rumah Kecil Minimalis | Eka Putra | 5